Yuk Kenalan Pohon Spathodea alias Kiacret


Melewati jalan yang teduh saat sedang dalam perjalanan jauh tentu menjadi sebuah pemandangan yang sangat menyejukan mata. Tidak jarang kita bisa menemukan pohon-pohon indah saat dalam perjalanan. Seperti yang sedang viral sekarang ini, dimana jalan raya Kota Surabaya menjadi indah saat bunga tabebuya mulai bermekaran.

Rasa jalan akan seperti suasana di Jepang dengan bunga sakura disana. Namun bagaimana dengan tanaman Spathodea alias Kiacret? Tentu berbeda, karena karakter dan bunga pada tanaman ini juga berbeda. Tanaman Spathodea lebih sesuai menjadi pohon peneduh, karena daunnya yang rimbun dan menyejukan.

Lokasi pohon Spathodea sebaiknya diletakan di kawasan perumahan, jalan raya, taman kota, dan sebagainya. Lalu mungkin diantara kita ada yang bertanya, apa tanaman Spathodea punya bunga? Ada, pohon Spathodea memiliki bunga dengan warna orange kemerahan.

jual Pohon Spathodea L: 30 Cm

Apa ada warna lain?

  • Memang untuk sekarang yang umum bunga Spathodea masih dominan dikenal dengan warna orange kemerahan. Namun tidak hanya warna tersebut saja, beberapa daerah sudah memiliki Spathodea dengan warna bunga kuning.
  • Untuk sekarang warna kuning masih jarang ditemui, seperti tanaman bunga tabebuya dengan warna merah. Secara varietas memang ada, namun masih sangat sedikit dan jarang untuk kita temui.
  • Tapi tenang saja, cepat atau lambat tanaman Pohon Spathodea dengan warna lain akan dikenal juga. Karena tanaman akan tumbuh dan besar, kemudian menghasilkan biji dan berkembangbiak.

Budidaya Pohon Spathodea

Saat ini tanaman Spathodea hanya dibudidayakan dari biji untuk bibitnya, sedangkan untuk dewasa beberapa menggunakan metode stek. Jika untuk kebutuhan penghijauan tentu menanam dengan asal biji atau memiliki akar tunggang jauh lebih baik. Karena pohon akan mencengkeram tanah dengan baik dan kuat.