Tips Karantina Tanaman Pohon Besar


Perlakuan Saat Sampai

Pembelian tanaman pohon besar dengan ukuran lebih dari dua meter, tentu membutuhkan waktu perjalanan yang tidak sebentar. Perjalanan pohon besar bisa berlangsung selama 3-4 hari dalam perjalanan antar pulau. Selain itu tanaman pohon besar biasa dikirim dengan menggunakan media terbatas atau polibag karungan.

Selama perjalanan tanaman juga tidak mendapatkan cukup air sebagaimana mestinya, sehingga diperlukan perlakuan khusus saat tanaman baru datang. Berikut beberapa langkah dan tips agar karantina tanaman pohon besar bisa berjalan optimal.

  1. Pohon yang baru diturunkan dari truk atau expedisi, usahakan posisinya tidur. Bukan berdiri, hal ini agar kandungan air yang ada bisa tersebar merata dari ujung dan pangkal.
  2. Cari tempat yang teduh untuk menampungnya, kemudian bisa diberikan peneduh atau paranet agar tanaman tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sehingga tanaman bisa adaptasi dengan lingkungan baru.
  3. Saat pertama kali tanaman pohon besar sampai, usahakan untuk dilakukan penyiraman secara menyeluruh. Baik, dari ujung sampai dengan pangkal tanaman. Usahakan bagian polibag atau karung tanaman diberikan air yang cukup atau sampai basah.
  4. Hal ini penting agar tanaman yang haus setelah perjalanan jauh bisa menyerap air dengan baik, dan menyegarkan kembali batangnya.
  5. Penumpukan tanaman bisa dibuat berselang-seling agar bisa tertata dengan baik dan rapih. Usahakan tidak menumpuknya terlalu banyak agar tidak terlalu padat.

Perawatan Saat Karantina

Setelah tanaman pohon diturunkan dan tempatkan pada tempat yang teduh dan nyaman, selanjutnya perlu perawatan selama karantina. Perawatan yang diperlukan selama karantina adalah penyiraman secara rutin, dengan detail berikut.

  1. Penyiraman dilakukan 2x sehari, dengan waktu siram pagi dan sore hari hari.
  2. Durasi masa karantina baiknya 2-3 minggu sebelum masa tanam atau dimasukan kedalam lubang tanam.
  3. Tanaman yang dikarantina akan semakin segar dan daun kembali segar.
  4. Jika ada tanaman tidak berdaun, tidak apa-apa selama batang masih basah akan kembali bertunas.
  5. Penyiraman juga bisa disesuaikan dengan kondisi pada lingkungan setempat.

Penanaman Pohon

Jika masa karantina sudah dijalankan, selanjutnya adalah proses penanaman. Dimana tanaman ukuran 2-3 meter akan membutuhkan lubang tanam dengan ukuran 50×40 cm. Detail ukuran lubang tanam sebagai berikut (ukuran lubang bisa menyesuaikan ukuran pohon sesuai kebutuhan).

  1. Lubang tanam baiknya sudah dibuat sebelum ditanam, maksudnya adalah selama masa karantina bisa membuat lubang sambil menunggu tanaman siap.
  2. Usahakan lubang tanam memiliki sirkulasi air yang baik. Artinya jika ada air dari hujan bisa langsung meresap, bukan menggenang.
  3. Hal ini penting, karena sirkulasi air yang baik akan menjaga tanaman dari busuk akar.
  4. Lubang tanam yang dibuat sesuai dengan ukuran pohon, dalam contoh ini lubang dibuat dengan ukuran 50×40 cm. Perhatikan pada gambar berikut.
  5. Kami sarankan penanaman termasuk dengan karungnya, bukan dibuka atau dipecah. Hal ini berujuan agar akar tanaman tetap utuh dan tidak mengalami kerusakan.
  6. Media tanam bisa menggunakan tanah biasa atau kompos yang sudah jadi dan tidak panas (tanah subur).