Mengenal 3 Varian Tanaman Pohon Ketapang


Teman-teman mungkin pernah mendengar tanaman pohon ketapang. Namun tidak jarang ada yang belum tahu bahwa pohon ketapang memiliki tiga jenis. Di mana pada artikel ini kita akan bahas tiga jenis tanaman pohon ketapang tersebut.

MANFAAT POHON KETAPANG

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bawa pohon ketapang biasa dijadikan sebagai pohon peneduh. Baik untuk kawasan perumahan, perkantoran, dan area sekitar jalan raya. Pohon satu ini memang memiliki kelebihan dibanding pohon lainnya. Salah satunya yaitu bentuk batang yang melebar dan mampu menentukan area sekitar pohon.

JENIS POHON KETAPANG

Saat ini pohon ketapang sering kita jumpai di kawasan-kawasan keramaian. Taman kota dan lainnya. Baik kita akan mulai membahas satu persatu jenis pohon ketapang.

  1. Ketapang Biola
    Jenis Ketapang ini memiliki daun yang lebar dan berbentuk seperti biola. Sehingga tidak jarang ada yang menyebutnya sebagai Ketapang biola atau Ketapang daun lebar. Perbedaannya dengan ketapang yang lain hanya pada daunnya yang ukurannya jauh lebih besar.
  2. Ketapang Kencana Hijau
    Jenis Ketapang ini memiliki daun berwarna hijau dan ukurannya lebih kecil biasanya juga disebut Ketapang kencana. Jika dibandingkan dengan Ketapang biola Ketapang jenis ini memiliki daun yang kecil ukurannya hampir si jempol orang dewasa.
  3. Ketapang Kencana Varigata
    Jenis Ketapang ini hampir sama dengan Ketapang hijau, hanya saja daunnya berwarna varigata atau gabungan antara putih dan hijau. Tak jarang orang juga menyebutnya sebagai Ketapang putih.

Nah itu tadi perbedaan antara ketiga varian pohon ketapang yang ketiganya sama-sama memiliki fungsi dan tujuan yaitu untuk peneduh. Kelebihan Ketapang varigata dia juga bisa sebagai hiasan yang ketika sudah rimbun akan nampak seperti di Korea Korea atau di Jepang.

jual pohon ketapang biola

Baik itu dulu ulasan atau penjelasan tentang pohon ketapang. Semoga bermanfaat terima kasih.