Daftar Pohon yang Tidak Merusak Pondasi


Menanam tanaman pohon besar bukan berarti tanpa resiko atau tantangan. Hal ini karena banyak penanaman pohon besar yang dalam waktu lama menjadikan sebuah masalah. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa menanam pohon dengan ukuran besar akan mempercepat proses perindangan. Pohon yang besar akan bisa dirasakan secara 1-2 tahun setelah penanaman.

Hal tersebut, tentu tidak bisa kita dapatkan jika menanam tanaman dari ukuran kecil. Misalnya 1 meter atau 2 meter, maka diperlukan waktu 5-7 tahun untuk bisa menikmati kerindangan dari sebuah pohon peneduh. Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pembeli ketika menanam pohon besar adalah "Aman tidak untuk pondasi?".

Dari keresahan tersebut kita coba rangkumkan beberapa tanaman pohon peneduh yang aman (dari pengalaman kami) untuk ditanam disekitar pondasi. Baik, langsung saja kita mulai dari pohon yang pertama.

1. Pohon Tabebuya

Pohon dengan bunga cantik ini memang memberikan suasana dua kali lipat dari pohon biasa. Jika pohon peneduh lainnya hanya memberikan suasana teduh, pohon tabebuya mampu memberikan suasana seperti di Jepang dengan bunganya.

jual tabebuya harga murah

2. Pohon Pule

Pohon satu ini sudah sangat terkenal dan banyak ditanam di kawasan perkotaan. Biasanya juga dipasang di kawasan perumahan dan kawasan lainnya. Jadi sudah tidak perlu dipertanyakan lagi ya.

Pohon Pule T: 3-4 Meter UP

3. Pohon Angsana

Pohon tipe perindang ini juga memiliki bunga warna kuning cantik saat musim berbunga. Selain rindang dan sejuk pohon ini juga aman untuk pondasi. Tumbuh bisa mencapai 5-7 meter.

Pohon Kayu Angsana T: 3-5 Meter

4. Pohon Solobium

Pohon hias satu ini memang sedang naik daun ya, karena pesona hijaunya yang sangat menarik untuk area kafe dan perkantoran. Saat ini sudah dibuktikan oleh banyak kafe-kafe di Surabaya dan Jakarta yang pondasinya aman-aman saja.

jual pohon Solobium Parahyba 2 Meter UP

5. Pohon Ketapang Kencana

Pohon peneduh satu ini memang sudah banyak ditanam di kawasan perumahan, kantor, dan lainnya. Tipe batang yang melebar menjadikan pilihan peneduh dengan ketapang adalah yang paling cepat. Usia 1-2 tahun setelah penanaman sudah bisa dinikmati suasana teduhnya.

Ketapang Kencana T: 3-4 Meter

Bagaimana, sudah dapat gambaran pohon apa yang akan ditanam untuk rumah? Perlu dicatat bahwa tanaman ini akan tumbuh besar, jadi pastikan memberikan ruang dan jarak yang ideal. Selamat berkebun dan salam penghijauan Nusantara.