Daftar Pohon Peneduh di Pinggir Pantai


Menikmati suasana pantai yang berombak, tentu tidak akan lengkap jika tidak ada peneduh yang sejuk. Seperti yang semua kita ketahui bersama bahwa saat menjelang siang terik matahari pada bibir pantai akan semakin panas. Hal tersebut membutuhkan sebuah peneduh yang sejuk dan rindang. Salah satu yang biasa kita temui adalah pohon kelapa.

Namun bagaimana jika pohon kelapa dirasa berbahaya karena bisa menimpakan buahnya pada pengunjung. Berikut alternatif beberapa pohon peneduh yang bisa kita jadikan pilihan untuk ditanam.

1. Cemara Laut

Banyak sekali memang jenis cemara di Indonesia, namun yang biasa kita temui di pinggiran pantai adalah jenis cemara laut. Walau daunnya tidak lebar, namun daya tahan dari pohon cemara ini lama dan tahan dekat pantai.

2. Pohon Waru

Mungkin jenis pohon ini masih jarang kita temui di beberapa pantai di Indonesia, namun sudah mulai ditanam di kawasan pantai-pantai Jawa Timur. Seperti di pantai Gemah, Tulungagung, Jawa Timur. 

3. Ketapang Laut

Seperti yang sudah perna kita bahas sebelumnya bahwa tanaman ketapang ada beberapa jenis, mulai dari ketapang laut, ketapang hijau, dan ketapang varigata. Untuk penanaman di pinggir pantai, jenis ketapang laut menjadi pilihan terbaik karena daunnya lebar. 

Bagaimana, ada masukan pohon apalagi yang bisa ditanam di kawasan pantai? Silakan komen dan bagikan artikel ini ya. Salam Hijau Indonesia.