Cara Perawatan Pucuk Merah Baru Tanam


Salah satu tanaman yang banyak dijadikan tanaman hias dan juga pembatas kawasan Industri adalah Pucuk Merah. Hal ini dikarenakan tanaman pucuk merah memiliki warna yang menarik dan ukuran pohon yang bisa besar. Warna merah cerah diwaktu daun muda dan akan menjadi warna hijau di daun tua, menjadikan gradasi warna pada tanaman tersebut miliki pesona sendiri.

Kelebihan tersebut yang menjadikan tanaman pucuk merah sangat ideal dijadikan sebagai tanaman hias di kantor, perumahan, dan kawasan industri. Kebutuhan akan tanaman pucuk merah biasanya mulai dari ukuran 2-3 meter dan siap tanam. Mencari spek yang tinggi tersebut juga menjadikan tanaman akan lebih cepat terlihat hasilnya.

Lalu bagaimana cara perawatan tanaman pucuk merah setelah tanam? Ada beberapa hal yang wajib dilakukan setelah melakukan proses penanaman pucuk merah. Secara sederhana adalah sebagai berikut:

Panduan Cara Perawatan Pucuk Merah

  1. Dilakukan penyiraman setiap hari, khususnya pada daerah tanam yang tidak ada hujan. 
  2. Satu tanaman wajib diberikan 5-10 liter air setiap harinya.
  3. Penyiraman rutin ini dilakukan selama 1 bulan, karena baru tanam.
  4. Penyiraman juga bisa ditambahkan vitamin AB Mix untuk merangsang pertumbuhan akar.
  5. Jika sudah usia tanam sudah 2 bulan, bisa dilanjutkan dengan pemberian pupuk.
  6. Selanjutnya hanya dilakukan perawatan rutin per bulan atau sesuai kebutuhan.

Proses perawatan yang tepat akan menghasilkan tanaman yang baik dan cantik. Pesona tanaman pucuk merah akan semakin baik, jika kondisi tanaman rimbun dan lebat akan daun. Selanjutnya tinggal dibentuk saja dengan pemangkasan secara rutin untuk menjaga bentuk sesuai keinginan.