Botol Tree Si Pohon Langkah di Kediri


Pohon botol atau juga memiliki nama Brachychiton rupestris adalah salah satu jenis pohon yang termasuk jarang atau langka di Indonesia. Saat ini hanya beberapa daerah saja yang memilikinya, sebagai contoh di Kediri, Jawa Timur. Pohon botol ini hanya tersedia puluhan saja dan dimiliki petani tertentu saja.

Seperti yang ada pada gambar berikut, pohon botol hanya tersedia dua saja. Pohon ini bisa memiliki ukuran yang sangat besar. Jika pada gambar tersebut masih belum nampak keunikan bentuk botolnya karena masih kecil. Untuk ukuran besar akan nampak pada bagian batang mengendut seperti botol. 

Pohon Botol yang Viral dengan Harga ½ Milyar

Lalu yang membuat menarik pohon koleksi ini adalah harga pohon botol yang sangat fantastis. Untuk ukuran kecil saja, seperti pada gambar diatas harga sudah mencapai puluhan juta rupiah. Sedangkan untuk ukuran dewasa yang sudah berbentuk botolnya bisa mencapai 750 juta rupiah.

Harga tersebut memang sepadan, karena untuk menuju bentuk yang mirip botol diperlukan waktu puluhan hingga ratusan tahun. Waktu yang lama dan panjang tersebut menjadikan pohon botol sangat layak memiliki nilai yang fantastis. Bisa dikatakan bahwa pohon botol menjadi salh satu bonsai hidup dengan ukuran besar.