Bagaimana Proses Pengiriman Pohon Besar?


Melakukan pengiriman tanaman, khususnya pohon besar berbeda dengan tanaman kecil. Hal ini karena pengiriman tanaman dengan skala kurang dari 1 meter bisa menggunakan jasa ekspedisi dan packing kardus saja. Lalu bagaimana proses pengiriman pohon besar?

Pada artikel ini kita akan jelaskan bagaimana proses sebuah pohon besar dikirim dari satu daerah ke daerah lain di Indonesia. Oke, langsung saja kita kupas bagaimana proses pengiriman pohon besar.

Proses Pengiriman Pohon Besar

kirim pohon tabebuya ke sumatera selatan

1. Proses Galih Pohon Besar

Pertama adalah proses pengalihan dari sebuah pohon yang berada di tanah dalam karung untuk disiapkan agar aman perjalanan jauh. Biasanya dikemas dengan metode bungkus karung agar akar tetap lembah dan terjaga. 

2. Muat dengan Bantuan Katrol

Dimensi yang besar dan berat yang bisa mencapai ratusan kilo, tentu membutuhkan sebuah bantuan agar bisa naik ke truk. Alat untuk memindahkan pohon dengan dimensi tersebut adalah katrol.

3. Penataan Urutan Pohon di Truk

Dalam memasukan pohon ke dalam truk, tidak bisa asal atau sembarangan. Namun, ada metode atau urutan yang harus diperhatikan. Misalnya tanaman dengan kayu keras berada dibawah, sedangkan tanaman dengan kayu lunak berada diatas. Hal ini bertujuan agar tanaman tetap aman dalam perjalanan jauh. 

4. Penurunan Muatan di Lokasi

Jika sudah sampai pada lokasi yang dituju, penurunan juga tidak bisa sembarangan. Hal ini karena berat dari pohon yang bisa mencapai ratusan kilo, sehingga diperlukan alat katrol kembali. Seperti yang sudah dilakukan pada waktu menaikkan pohon tersebut. 

5. Karantina Pohon

Sebelum dilakukan proses penanaman, biasanya ada treatment yang perlu dilakukan atau dikenal dengan masa karantina. Hal ini penting untuk diperhatikan karena jika kurang tepat pohon akan cepat kering dan mati. 

Bagaimana sudah cukup jelas ya, proses dari pengiriman pohon besar menuju lokasi di Indonesia. Semoga bermanfaat, salam hijau Indonesia.